Minggu, 25 September 2011

Pengertian Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

              Pengertian Penduduk adalah Penduduk atau Warga suatu Negara atau Daerah bisa di artikan menjadi dua :
A. Orang yang tinggal di daerah tersebut
B.Orang yang secara Hukum Berhak tinggal di daerah tersebut.
Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal menempati daerah tersebut. Misalkan bukti Kewarganegaraan, tetapi memillih tinggal di daerah lain. Dalam Sosiologi, Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah Geografi dan Ruang tertentu.
Masalah – masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu Demografi. Berbagai aspek perilaku manusia dipelajari dalam Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Demografi banyak di gunakan dalam pemasaran, yang berhubungan erat dengan unit –unit ekonomi, seperti pengecer hingga pelanggan kelas berat berpotensial.
Pengertian Masyarakat adalah Masyarakat sebagai istilah Society adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah Sistem Semi Tertutup atau Semi Terbuka, Di mana sebagian besar interaksi adalah antara Individu – individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata “ Masyarakat “ sendiri berakar dari kata dalam Bahasa Arab, Musyarak. Lebih umumnya di sebut sebuah Masyarakat adalah suatu jaringan hubungan – hubungan antara Entitas – entitas. Masyarakat adalah sebuah Komunitas yang Interpeden (Saling tergantung satu sama lain). Umumnya istilah Masyarakat digunakan muntuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Pengertian Kebudayaan adalah Budaya atau Kebudayaan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah, Yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi (Budi dan Akal) diartikan sebagai hal – hal yang keterkaitkan dengan Budi dan Akal Manusia. Dalam Bahasa Inggris, Kebudayaan disebut Cultuter, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu Mengolah dan Mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata Culture juga kadang diterjemahkan sebagai “Kultur” dalam Bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.